Oleh: excitonindo | November 11, 2010

Merapi dan asap belerangnya

Merapi masih belum reda aktifitasnya. Berikut ini kami hendak berbagi citra satleit dari Merapi yang mengeluarkan Sulfur Dioxide ke atmosfer. Citra ini dikirim oleh wahana ruangangkasa Aura pada 4 – 8 November 2010.

Merapi dan sulfur dioksida

Dobson unit adalah skala pengukuran kerapatan ozon pada suatu kolom udara di atmosfer. Satu Dobson setara dengan 2.69*10^20 ozon molekul per meter persegi atau 0.442 milimol ozon per meter persegi.

Dobson unit juga bisa diartikan sebagai kerapatan  suatu molekul pada suatu kolom udara yang dimampatkan menjadi sebuah lempengan dengan tebal tertentu. Satu Dobson adalah tebal lempengan 0.o1 milimeter yang berisi 0.0285 gram molekul per meter persegi pada temperatur dan tekanan standar (273 K dan 1 atm).

Terlihat di peta, untuk daerah Jawa bagian tengah sampai barat dan barat daya, kandungan Sulfur Dioksida mencapai 90 sampai 100 Dobson unit. Ini artinya dalam atmosfer untuk daerah tersebut terdapat 2.85 gram molekul Sulfur Dioksida per meter persegi.

Di atmosfer, SO2 bereaksi dengan air menghasilkan kabut asam belerang (sulfuric acid) yang bersifat memantulkan cahaya. Kabut ini akan memantulkan cahaya sinar matahari kembali angkasa sehingga temperatur di bumi akan menurun bila letusan gunung berapi sangat besar. Efek yang lain adalah meningkatnya peluang terjadinya hujan asam.

 

sumber : http://earthobservatory.nasa.gov/NaturalHazards/view.php?id=46881

http://earthobservatory.nasa.gov/IOTD/view.php?id=5251

http://en.wikipedia.org/wiki/Dobson_unit

 

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: