Oleh: excitonindo | Desember 23, 2009

Kaleidoskop kepedulian orang Indonesia tentang sains

Mengikuti tren menjelang pergantian tahun, ada baiknya kita simak seberapa pedulikah orang Indonesia tentang berita sains, teknologi? menurut pengalaman saya di Amerika, cukup banyak orang-orang non sains mengerti sedikit banyak tentang perkembangan sains dan teknologi. Misalnya selepas saya ikut bermain gamelan untuk pegelaran wayang di Wesleyan University. Seorang sinden bule menanyakan beberapa hal tentang Microwave Background Radiation, padahal latar belakang pendidikan ibu bule tadi adalah sosial.

Tulisan ini akan mengacu kepada data hasil survey yang dilakukan yahoo News tentang peringkat 10 besar pencarian di mesin pencari.

http://www.yearinreview2009.com/id/

untuk kategori pencarian teratas :

  1. Noordin M Top
  2. Flu Babi
  3. Gempa Sumbar
  4. Kiamat 2012
  5. Gempa Bumi
  6. KPU
  7. KCB
  8. Gerhana Matahari
  9. Ponari
  10. Ambalat

disini kita lihat yang benar-benar bisa dikategorikan masih dalam ruang lingkup sains, teknologi adalah Flu Babi (2), disusul Gempa Sumbar (3), diikuti Gempa Bumi (5), dan Gerhana Matahari (8).

nampaknya masyarakat sudah mulai waspada dengan wabah penyakit global sehingga sudah mulai mencari tahu informasi detail tentang pencegahan dan penyembuhannya.

masalah gempa memang sudah selayaknya masuk dalam 10 besar, dan hebatnya sampai menempati 2 peringkat sekaligus. masyarakat sudah selayaknya membiasakan diri hidup dan bertahan hidup dengan bencana terutama gempa.

Dan gerhana matahari masuk ke peringkat ini tidak terlepas dari jerih payah kawan-kawan penggiat astronomi baik profesional maupun yang sekedar hobi untuk memasyarakatkan ilmu astronomi. Didukung pula dengan pencanangan tahun 2009 sebagai  tahun astronomi Internasional.

mungkin ada yang bertanya, koq saya tidak memasukkan Kiamat 2012 dalam analisa kepedulian orang Indonesia terhadap sains, teknologi? Ya karena pencarian itu dipengaruhi oleh film dan banyak yang masih meragukan teori/prediksi kekacauan di tahun 2012 itu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: