Oleh: excitonindo | Juli 20, 2009

Gerhana matahari total 22 Juli 2009

oleh : Yudhiakto Pramudya

Sejenak kita lupakan kekalutan atas kejadian memilukan di negara kita. Marilah kita mengisi hari depan dengan lebih baik, dengan ilmu pengetahuan.

Minggu ini ada 2 peristiwa yang bisa dikategorikan sebagai peristiwa astronomi yang besar. yang pertama adalah peringatan 40 tahun pendaratan manusia di bulan. tepat tanggal 20 Juli 1969, Neil Amstrong dan Edwin Aldrin menjejakkan kakinya di permukaan bulan, sedangkan Michael Collins tetap berada di pesawat mengorbit di atasnya.

Peristiwa kedua akan terjadi pada tanggal 22 Juli 2009. peristiwa ini adalah Gerhana matahari total. GMT diperkirakan akan dapat diamati di beberpa wilayah Indonesia. Wilayah Indonesia ini sebagaian besar di bagian utara Indonesia. Jadi untuk penduduk pulau Jawa, anda mungkin kurang beruntung tahun ini karena belum bisa mengamati GMT.🙂

SE2009Jul22T

Tetapi sebagian wilayah Indonesia tersebut masih juga belum benar-benar beruntung. Karena kita hanya dapat melihat bagian penumbra, artinya kita hanya melihat gerhana matahari sebagian. Teman-teman yang berada di NAD sampai Padang akan bisa mengamatinya mulai pukul 01.00 UTC atau 08.00 WIB. Disusul rekan-rekan di sekitar Pontianak akan bisa mengamatinya mulai pukul 01.30 UTC atau 08.30 WIB. Sedangkan mulai pukul 02.00 UTC atau pukul 10.00 WITA, teman-teman di Gorontalo dan Manado akan bisa mengamati gerhan matahari. dan untuk rekan-rekan di Papua akan bisa mengmatinya mulai pukul 03.00 UTC atau pukul 12.00 WIT.

GMT kali ini terbilang istimewa, karena akan berlangsung cukup lama yaitu selama 6 menit 39 detik untuk masa total gerhana. Pada tahun 2132 artinya lebih dari seabad lagi, dimungkinkan rekor ini terpecahkan. Dan diperkirakan GMT ini menjadi GMT dengan jumlah penduduk terbanyak yang dinaungi dalam satu daerah bayangan. karena GMT ini akan melintasi daerah India dan Cina yang notabene berpenduduk padat.

sumber :


Responses

  1. wah bakalan gelap neh


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: