Oleh: excitonindo | Februari 19, 2008

Mengenal Warna dan Cahaya

Oleh : Iwan Sugihartono

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat menikmati indahnya warna yang terlihat dari berbagai macam benda. Dari warna kita dapat merasakan berbagai macam sensasi yang dirasakan oleh pikiran dan hati kita. Dengan warna pula kadang ketika hati kita sedang galau menjadi tenang dibuatnya. Sekarang pertanyaannya adalah, apa sih warna itu? Mengapa warna banyak macamnya, seperti merah, hijau, biru dan sebagainya? Nah, untuk lebih mngerti tentang warna kita harus mempelajari pengertian dari cahaya.

 

Cahaya : Foton dan Gelombang

Secara klasik, pada tahun 1672 Sir Isaac Newton menemukan bahwa cahaya yang dilewatkan pada sebuah prisma akan terbagi menjadi berbagai macam warna. Peristiwa itu dikenal sebagai disperse cahaya. Dengan berdasarkan pada eksperimen yang dilakukan oleh Sir Isaac Newton kita dapat menganalisis tentang cahaya. Warna-warna yang dihasilkan ketika cahaya melalui sebuah prisma tersusun dari spectrum merah, orange, kuning, hijau, biru, indigo dan violet. Warna yang dihasilkan dapat kita singkat sebagai “Roy G Biv” dimana tiap huruf mewakili sebuah warna. Orde dari warna-warna tersebut adalah konstan, sedangkan tiap warna dapat diidentifikasikan oleh panjang gelombang dari cahaya. Misal, cahaya merah memiliki panjang gelombang 680 nm, cahaya kuning-hijau memiliki panjang gelombang 550 nm, dan violet 410 nm.

spektrum3.jpg

 

Kurang lebih 100 tahun setelah penemuan Newton tentang cahaya, seorang ilmuwan bernama James Clerk Maxwell menunjukan bahwa cahaya memancarkan radiasi gelombang elektromagnetik. Radiasi ini terdiri dari gelombang radio, cahaya tampak dan x-ray.

 

Dari gambar 1. terlihat bahwa porsi cahaya tampak di dalam spectrum gelombang elektromagnetik sangatlah kecil. Sedangkan apabila kita melihat sumber cahaya terbesar di alam semesta yaitu matahari, ternyata matahari menghasilkan cahaya dari daerah cahaya tampak (visible), infra red, dan ultraviolet.

Ketika kita menganggap cahaya sebagai gelombang, maka akan sangat mudah mengidentifikasinya dengan notasi panjang gelombang (wavelength) yang biasa dikenal dalam kuliah Fisika Dasar. Bila kita mengganggap gelombang sebagai warna, maka warna violet memiliki panjang gelombang terpendek dan warna merah memiliki panjang gelombang terpanjang. Warna-warna tersebut merupakan bagian dari cahaya tampak dalam spectrum gelombang elektromagnetik yang masih dapat terlihat oleh mata kita. Artinya mata manusia memiliki keterbatasan dalam pengelihatannya. Mata tidak mampu merespon cahaya yang memiliki panjang gelombang lebih panjang atau pendek dari spectrum cahaya tampak.

 

Dalam paragraf sebelumnya tadi sudah disinggung tentang rentang panjang gelombang dari cahaya. Dari definisi panjang tentunya kita langsung berpikiran bahwa satuan panjang adalah meter, begitu pula dengan panjang gelombang. Hanya saja panjang gelombang satuannya dalam orde nanometer (nm). 1 nanometer sama dengan 10-9 m. Panjang gelombang cahaya memiliki ukuran lebih pendek dibandingkan dengan diameter rambut manusia atau ketebalan kertas tipis. Diameter rambut atau ketebalan kertas tipis tersebut kira-kira memiliki orde 100 mikro meter (µm). 1 µm = 10-6 m, bandingkan dengan panjang gelombang cahaya tampak yang berkisar 400 nm – 700 nm, artinya diameter rambut atau ketebalan kertas tipis tersebut kira-kira lebih panjang 100 kali dari panjang gelombang cahaya tampak.

 

Semoga tulisan yang pendek ini bermanfaat untuk sekedar mengingatkan kita tentang hubungan warna dan cahaya.

Sumber gambar : http://acept.asu.edu

 

 


Responses

  1. garing

  2. apaan tdk bermanfaat,tdk berbobot

  3. Thanks.. Pnjelsanx sngat mmbntu..

  4. maksih atas infonya kita lagi butuh panjang gelombang masing2 warna cahaya sebanyak2nya. kalo da kasih juga dong u/ panjang gelombang inframerah dan ultraviolet……Triple T

  5. Kok segitu doang, Bos? Padahal aku berharap ada penjelasan ttg warna dasar cahaya, percampurannya, bgmn bsa muncul gambar di televisi, kenapa gambar bisa muncul di barang cetakan, percampuran warna substraktif/aditif…. banyak bos….. kembangin dong….

  6. Mana panjang gelombang cahaya tampaknya… n bisa dijelasin ga??

  7. @ii : the great things come from the simple things, berusaha mempelajari sesuatu yang terlihat tidak berbobot akan mengasah kita memhami hal lebih lanjut.

    @triple T : infra merah rentangnya berada di 750 nm- 100mikro. UV : 10 nm – 400 nm. Manfaatnya sangat berguna untuk bidang optoelectronic device, sensor, dll

    @falin : thanks sarannya, mungkin nanti jika ada waktu akan saya coba kembangkan.

    @erika : panjang gelombang cahaya tampak bisa di lihat di gambar…more questions please send me email to : ione06@yahoo.com

  8. waHHHhhhh………
    tHanX bGt yacH…
    tuLisan nya
    dah banTu aKu bwT
    nyeLesai_in lpoRan
    praktiKum fisiKa necH…
    hwehehehehehehehe

    terimakasih kembali, kami senang bisa membantu. praktikum fisikam dasar ya? atau optik?

  9. thx infonya…
    boleh nanya gak???
    mengapa air dengan kedlaman 4 m, organisme merah akan kelihatan hijau????

    mohon penjelasannya!!!
    trimz^_^

    • @arin : mungkin karena dispersi cahaya yang datang menuju organisme, lalu dipantulkan lagi ke mata kita

  10. kalo putih panjang gelombang cahaya nya berapa?

    pak Ali, warna putih adalah gabungan dari berbagai macam panjang gelombang

  11. bisa dilengkapin g materiny??
    klo lbh lengkap kan lebih memuaskan…
    terima kasih banyak

  12. […] Mengenal Warna dan Cahaya February 2008 12 comments 3 […]

  13. thx …. bagus koq

    … this is very-very good for informasion

  14. makasih infona.. sudah bantu khususnya saya yang baru pemula..

  15. good.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: