Oleh: excitonindo | Maret 8, 2008

Gerhana bulan 20 Februari 2008 di USA

Pengamat dan pelapor : yudhiakto pramudya

Gerhana bulan diamati di belakang rumah kost di Middletown, Connecticut, Amerika Serikat. Sekitar pukul 8, saya mulai mempersiapkan kamera digital yang super sederhana untuk melakukan pemotretan gerhana bulan. Ya, saya sebut super sederhana karena kamera ini hanya kamera digital saku biasa dan saya tidak punya tripod. Jadilah saya mulai mengutak atik menu yang tersedia dalam kamera itu dan mempersiapkan benda benda yang sekiranya bisa dijadikan sandaran kamera supaya kamera tidak goyang goyang (benda-benda itu adalah kursi dan buku).

Menurut referensi dari NASA yang sudah saya baca sehari sebelumnya, gerhana bulan dimulai sekitar pukul 8.43 malam waktu setempat. Dan, yeehaa… setelah beberapa kali mencoba mencari tempat dan posisi yang tepat untuk kamera, akhirnya saya berhasil mendapatkan beberapa gambar gerhana bulan. Seperti yang sudah diperkirakan, hasilnya memang amat jauh dari standar bagus. Dan inilah gambar gambarnya……..

me1.jpg

Pada gambar juga terlihat beberapa obyek langit selain bulan. Setelah saya amati lewat program Stellarium, kemungkinan beberapa bintang di rasi Leo dan planet Saturnus teramati dalam gambar tersebut. Tapi kesimpulan saya juga masih berpeluang besar menjadi kesalahan. Saya membuka diskusi untuk pengamatan ini.

Dibawah ini gambarbulan sebelum terjadi gerhana bulan total, terlihat masih ada berkas cahaya terang di sebelah kanan bulan.

me2.jpg

Foto yang lainnya sedang dalam proses peng-edit-an.

keterangan : HAAJ adalah Himpunan Astronomi Amatir Jakarta, organisasi tempat saya menjadi anggotanya.

Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

